Tempat Wisata Candi Ratu Boko Yogykarta, Warisan Budaya

Candi Ratu Boko merupakan satu diantara wisata di Yogyakarta yang banyak dikunjungi dengan beberapa traveler. Terlebih yang tengah bertandang ke Candi Prambanan. Soalnya lokasi Candi Ratu Boko sepertinya tak sangat jauh besutan Candi Prambanan. Tempatnya terdapat di dekat perbatasan Klaten Serta

BAca selengkapnya di ---->>  Tempat Wisata Candi Ratu Boko

candi boko 1


Sleman, YogyakartaJadi dapat disebut pula bila Candi Ratu Boko merupakan satu diantara bangunan histori yang berlokasi di di kisaran candi Prambanan. Walau mungkin saja, beberapa orang unggul mengetahui candi Prambanan dari pada kehadiran Candi Ratu Boko. Tetapi, saat ini keindahan candi Ratu Boko ini juga tak kalah oleh candi Prambanan. Berdasarkan beberapa pakar histori serta beberapa peneliti, candi Ratu Boko sesungguhnya memiliki banyak manfaat terkecuali yang menjadi candi selanjutnya biasanya. Beberpa yakni terdiri besutan ada banyak manfaat paling utama, misal umpamanya yang menjadi benteng istana serta malahan pula yang menjadi gua.

Dijelaskan permulaan mula di ketahuinya kehadiran Candi Ratu Boko ini saat perdana kali diketemukan dengan seseorang arkeolog besutan Belanda diberi nama Van Boeckholzt selanjutnya era ke-17, tepatnya selanjutnya th. 1790. Bentuk besutan candi Boko sendiri berbentuk bangunan misal gapura paling utama, lokasi candi, pula kolam oleh ukuran di kisaran 20 x 50 mtr. berkedalaman 2 mtr..

Bangunan lain yang nampak terang merupakan sektor pagar serta alun-alun, gua, paseban serta pula candi kepada pembakaran. Selain itu, terdapat pula bangunan pendopo, tiga candi kecil, kolam, balai-balai dan kaputren yang ada di samping tenggara candi Ratu Boko. Ada juga kolam, arca Budha, gua Lanang, gua Wadon, serta gua yang lain di samping timur.

Mulai sejak penemuan candi Ratu Boko pertamakali, pada akhirnya riset juga selain itu juga selalu dikerjakan kepada menggali bekas reruntuhan candi. Umpamanya beberapa peneliti misal Makenzic Junghun serta Brumun pula turut mempelajari selanjutnya th. 1814. Terdapat pula seseorang peneliti FDK Bosch yang pernah lakukan observasi di candi Ratu Boko serta menulisnya dalam satu buku berjudul Kraton van Ratoe Boko. Terdapat yang pernah baca buku ini?

0 Response to "Tempat Wisata Candi Ratu Boko Yogykarta, Warisan Budaya"

Posting Komentar